Senin, 01 November 2010

Formasi Basket

Pengenalan Formasi Pola Dasar Permainan


Untuk menentukan dan membuat formasi pola permainan bola basket, ada beberapa dasar pokok yang harus diperhatikan, yaitu dalam penyusunan pola harus ada pemain yang mengatur serangan, pemain yang bertugas sebagai pengaman, seorang atau beberapa orang yang bertugas sebagai penembak, pemain yang bertugas sebagai pengumpan, serta pemain yang bertugas sebagai perayah bola bila ada tembakan yang gagal.

Terdapat dua macam formasi pola dasar permainan bola basket, yaitu pola dasar penyerangan dan pola dasar pertahanan.

Pola dasar penyerangan terbagi menjadi dua macam, yaitu pola dasar penyerangan terhadap pertahanan daerah dan pola dasar pertahanan terhadap pertahanan satu lawan satu. Pola dasar penyerangan terhadap pertahanan daerah contohnya pola 1 - 3 - 1 dan pola 2 - 1 - 2. Sedangkan pola dasar penyerangan terhadap pertahanan satu lawan satu contohnya post tunggal (pola 2 - 3) dan post rangkap (pola 3 - 2).

Pola dasar pertahanan juga terbagi menjadi dua macam yaitu pola dasar pertahanan seorang lawan seorang (man to man defence) dan pola dasar pertahanan sistem pertahanan daerah (zone defence). Pola dasar pertahanan seorang lawan seorang (man to man defence) contohnya pola 2 - 2 - 1 dan pola 2 - 3. Sedangkan pola dasar pertahanan sistem pertahanan daerah (zone defence) contohnya pola 2 - 2 - 1 dan pola 2 - 3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar